Rabu, 12 September 2012

Spesies Kayu Trembesi


Pada akhir tahun 1997 banyak perajin kususnya di jepara menggunakan kayu trembesi sebagai salah satu bahan baku produk kerajinan dan furniture. Di samping lebih murah dibandingkan dari kayu-kayu perhutani, kayu jenis ini mempunyai lingkaran diameter yang lebih besar dan mudah dalam pengerjaanya. Perajin di Jepara merasa terbantu dengan adanya kayu trembesi ini, terbukti untuk membeli kayu ini tidaklah sulit bahkan tanpa diminta pun banyak kayu-kayu jenis ini sudah berdatangan dari luar daerah Jepara. Tidak sedikit turis atau buyer asing yang tertarik dengan jenis kayu ini. Dari beberapa sumber mengatakan kayu termbesi ini mempunyai sifat dan karakter dengan kayu jati, hanya saja tingkat keuletan dan ketahanan terhadap cuaca sedikit berbeda.  

Itu juga yang menjadi alasan kenapa kami menggunakannya sebagai bahan baku produk. Kami memanfaatkan diameter kayu trembesi yang besar untuk membuat produk-produk yang kurang semestinya (tidak pasaran) seperti daun meja jumbo, patung kuda, patung gajah, meja kursi kepiting, patung kepiting yang utuh tanpa sambungan.

Kayu Trembesi  mempunyai nama latin Albizia saman  disebut juga Pohon Munggur atau  Pohon Hujan atau Ki Hujan merupakan tumbuhan pohon besar dengan ketinggian hingga 20 meter dan tajuknya yang sangat lebar. Pohon Trembesi (Ki Hujan) mempunyai jaringan akar yang luas sehingga kurang cocok ditanam di pekarangan karena bisa merusak bangunan dan jalan.

Akhir-akhir ini pemerintah, dalam rangka gerakan one man one tree menggalakkan penanaman pohon Trembesi (Ki Hujan) di seluruh wilayah Indonesia karena diyakini dari satu batang Trembesi dewasa mampu menyerap 28 ton karbondioksida (CO2) pertahunnya. Bahkan di Istana Negara, terdapat 2 batang pohon Trembesi yang ditanam oleh presiden pertama RI, Ir. Soekarno yang masih terpelihara dengan baik hingga kini. Pohon Trembesi (Albizia saman) disebut juga sebagai Pohon Hujan atau Ki Hujan lantaran air yang sering menetes dari tajuknya karena kemampuannya menyerap air tanah yang kuat.

 Di beberapa daerah di Indonesia tanaman pohon ini sering disebut sebagai Kayu Ambon (Melayu), TrembesiMunggurPunggurMeh (Jawa), Ki Hujan (Sunda). Dalam bahasa Inggris pohon ini mempunyai beberapa nama seperti, East Indian Walnut,Rain TreeSaman TreeAcacia Preta, dan False Powder Puff. Di beberapa negara Pohon Trembesi ini disebut Pukul Lima (Malaysia), Jamjuree (Thailand), Cay Mura (Vietnam),Vilaiti Siris (India), Bhagaya Mara (Kanada), Algarrobo (Kuba), Campano (Kolombia),Regenbaum (Jerman), Chorona (Portugis).
Sumber Alamendah’s blog@ http://alamendah.wordpress.com
.........................................................................................................................................................................................................................

Lihat Pohon Trembesi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons